Sponsor

Minggu, 04 Juli 2010

Kompor Anti Meledak, Tanpa Gas Dan Minyak Tanah

Kompor dengan bahan bakar? Memang riskan kalau terjadi kebakaran, karena sama dengan menyimpan bahan bakar di rumah. Kompor listrik biasa? Dikeluhkan kurang panas. Jadi harus bagaimana, dong? Jawabnya adalah kompor induksi. Kompor yang keren, dan tanpa bahan bakar.

Kompor listrik induksi anti meledak

Bentuknya tipis dan datar, tidak seperti kompor biasa. Inilah yang bisa menambah kerennya dapur (dapur kan juga perlu keren). Menggunakan listrik sebagai energi penghasil panas, namun dengan proses induksi.

Kelebihan kompor induksi ini adalah keamanan. Panas tidak dihasilkan pada kompor, tetapi pada alat masak seperti panci, atau penggorengan. Pada saat memasak, walaupun tangan kita menyentuh tungku kompor, kita tidak akan terbakar. Panas hanya ada di dalam alat masak. Unik bukan? Itu karena alat masaknyalah yang menghasilkan panas karena proses induksi. Fitur lain yang menunjang keamanan yang ditawarkan oleh produsen kompor induksi ini umumnya adalah kompor akan otomatis mati jika tidak ada alat masak yang terdeteksi selama jangka waktu tertentu. Kompor juga bisa mendeteksi overheating (misalnya lupa mematikan kompor sampai asat), kompor pun otomatis mati.
Kompor Induksi Empat Tungku

Kompor listrik induksi memasak dengan panas yang dihasilkan dari proses induksi

Panas yang dihasilkan pada kompor induksi ini berkisar pada suhu 190 derajat hingga 430 derajat celcius, tergantung pengaturan si pengguna. Lebih panas dibanding kompor biasa, sehingga memasak pun bisa lebih cepat.

Kelemahannya: tidak semua alat masak bisa digunakan dengan kompor induksi. Alat masak yang tidak menghantarkan induksi, seperti pireks, keramik, tanah liat, dan lain-lain alat masak non metalik tidak dapat digunakan. Kompor induksi hanya pisa digunakan pada alat masak baja anti karat (stainless steel), besi tuang (iron cast), dan aluminium. Lebih bagus lagi jika alat masaknya datar pada permukaan bawah agar dapat diletakkan diatas tungku, karena kompor induksi semuanya berbentuk datar.

Kelemahan lainnya adalah soal harga. Harga kompor induksi ini jauh lebih mahal dibanding kompor konvensional, dan masih termasuk barang mewah. Namun, produsen kompor induksi umumnya menyediakan kompor induksi dengan jumlah tungku bervariasi, mulai dari 1 tungku hinga 5 tungku, sehingga pembeli bisa menyesuaikan anggaran pembeliannya. Kelemahan berikutnya adalah soal listrik. Kalau mati listrik, bagaimana bisa memasak? Kalau di Inggris, umumnya rumah-rumah baru menggunakan pembangkit listrik mandiri dari panel tenaga surya dan turbin angin selain listrik dari power grid (PLN), sesuai dengan peraturan pemerintahnya. Jadi, buat orang-orang di negara maju itu bukan masalah lagi, tetap bisa menggunakan listrik walaupun listrik dari power grid terputus.

Tertarik untuk membeli? Bisa dibeli via Amazon
Kompor Induksi Electrolux, 4 tungku, kisaran harga $1400
Kompor Induksi Electrolux, 5 tungku, kisaran harga $1900
Kompor induksi Summit, 1 tungku, kisaran harga $360
Kompor induksi Summit, 2 tungku, kisaran harga $450
Kompor induksi Summit, 4 tungku, kisaran harga $1000

5 komentar:

  1. kalo di Bandung dijualnya dimana?

    BalasHapus
  2. Coba aja cari, siapa tau aja ada. Saya sih nggak tau. :D

    (untung di sini ngga ada emoticon jitak hehehe).

    BalasHapus
  3. kalo di Semarang dimana adanya? tolong infonya dong......

    BalasHapus
  4. dimensi ukuran kompornya berapa??

    BalasHapus
  5. Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian, soal harga, tempat pembelian, kapasitas listrik, dimensi, dan sebagainya bisa dilihat di link yang sudah saya sediakan.

    Saat ini memang kompor induksi belum banyak dijual, yang ada adalah produk kompor induksi impor dari Negeri Tirai Bambu dengan merek yang belum sangat kita kenal. Untuk produk semacam ini mudah sekali dicari di internet.

    BalasHapus