Sponsor

Minggu, 11 Juli 2010

Tinggal Nyanyi Partitur Musik Otomatis Tertulis

Nggak bisa nulis not balok? Sama, hehehe. Padahal baca tulis not balok, atau menulis partitur itu penting juga sih, supaya bisa berkomunikasi dengan sesama musisi dalam proses pembuatan aransmen, misalnya. Alat yang satu ini bisa membantu menuliskan partitur hanya dengan bernyanyi.


Tapi sayangnya produk ini baru konsep. Kalau baru konsep, tentunya ini baru sebuah rancangan dan belum direalisasikan dalam bentuk produk konkret (sial, padahal gw udah pengen punya, kalo punya duit, hehehe).

Cara menggunakannya cukup mudah, tinggal bernyanyi pada sebuah pena yang juga berfungsi pada sebuah mikrofon. Lalu tancapkan pena tadi pada docking di alat ini. Otomatis partitur pun tertulis. Kalau memang bisa menulis partitur alat ini bisa juga sebagai alat "corat-coret". Sambil menulis partitur kita bisa mendengar apa yang sudah kita tulis.
Colokkan Pena Mikrofon, Dan Partitur Pun Tetulis Otomatis

Bernyanyi Colokkan Pena Mikrofon Dan Lihat Partiturnya Serta Suara Hasil Penulisan Musik

Tapi jangan kecewa. Alat serupa sudah ada, tapi dalam bentuk perangkat lunak. Bisa dicari di gugel dengan kata kunci (voice to note). Sayangnya (sayangnya melulu), karena tidak ada perangkat lunak yang bagus (dalam arti akurat) menerjemahkan suara ke partitur, produk ini terbilang susah dicari. Mungkin karena dirasa oleh konsumen kurang memuaskan, maka lama-lama produknya tidak laku, dan karena tidak laku jadinya jarang yang memproduksi. Heran ya, masa jaman udah canggih gini ngga ada sih yang bisa merubah suara ke not balok dengan akurat? Entahlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar